Minggu, 27 Maret 2016

idgom mutaqorribain


الإذغام المتقربين

  1. Pengertian idghom mutaqarribain
Idghom yaitu memasukkan huruf satu kepada huruf yang lainnya yang sejenis dengannya dengan menjadikan huruf satunya bertasydid.[1] Taqarrub yaitu dekat. Adapun taqaarub disini dibagi atas taqaarub di dalam makhrajnya, dan taqarrub di dalam sifatnya. Adpun makharijul huruf ada empat belas diantaranya :
1.     Ujung tenggorokan أقص الحلق huruf الف ، همزة ، هاء
2.     Tengah-tengah tenggorokan أوسط الحلق huruf حاء ، عين  yang keduanya
3.     Pangkal tenggorokan أدنا الحلق  huruf خاء ، غين yang keduanya
4.     Ujung lisan dan atasnya langit-langit mulut, huruf قاف ، كاف
5.     Tengah-tengah lisan dan atasnya langit-langit mulut, huruf جيم ، شين
6.     Pinggirnya lidah dan diiring-iringi kanan kiri gigi geraham, huruf ضاد
7.     Dari pinggirnya lidah sampai ujungnya lidah, huruf لام
8.     Ujungnya lidah dan sedikit masuk kedalam pada tengah-tengah lidah, huruf راء  dekat dengan makhrojnya huruf نون
9.     Ujungnya lidah di bawah makhroj لام  , huruf نون
10.  Ujung lidah dan ujung gigi yang depan yang atas, huruf طاء ، دال ، تاء
11.  Sisi depan lisan bersamaan dengan gigi seri, huruf صاد ، زاء ، سين
12.  Sisi depan bersamaan dengan sisi gigi seri, huruf ظاء ، ذال ، ثاء
13.  Dalamnya bibir bawah bersamaan dengan sisi gigi seri atas, huruf فاء
14.  Diantara dua bibir, huruf باء ، ميم ، واو
Adapun sifat-ifat dari huruf-huruf tersebut antara lain : [2]
a.      الجهر secara bahasa artinya jelas. Sedangkan secara istilah adalah bertahannya aliran nafas ketika mengucapkan huruf. Dinamakan jahr karena huruf-huruf yang keluar dengan suara yang kuat syadid dan majhur . adapun hurufnya ada 19 yaitu, ا ، ء ، ب ، ج ، د ، ذ ، ر ، ز ، ض ، ط ، ظ ، ع ، غ ، ق ، ل ، م ، ن ، و ، ي .
b.     الرخاوة secara bahasa  artinya lemah . sedangkan secara istilah adalah hurufnya lemah dan mengalirnya suara ketika mengucapkannya. Adapun hurufnya ada 16 yaitu ا ، ث ، ح ، خ ، ذ ، ز ، س ، ش ، ص ، ض ، ظ ، ع ، ف ، و ، ه ، ي  .
c.     الإستفال  secara bahasaartinya menurunkan. Sedangkan secara istilah adalah menurunkan lisan sampai kedasar mulut ketika mengucapkan huruf. Adapun hurufnya ada 22 yaitu ا ، ء ، ب ، ت ، ث ، ج ، ح ، د ، ذ ، ر ، ز ، س ، ش ، ع ، ف ، ك ، ل ، م ، ن ، و ، ه ، ي .
d.     الإنفتاح  secara bahasa artinya menjauh atau memisah. Sedangkan secara istilah adalah terpisahnya lisan dari rahang atas ketika mengucapkan huruf dan suara yang keluar tidak terbatas diantara keduanya. Adapun hurufnya ada 25 selain huruf صاد ، ضاد ، طاء ، ظاء  .
e.      الإصمات  secara bahasa artinya sulit. Sedangkan secara istilah adalah huruf yang pengucapannya berat karena keluarnya jauh dari tepi lisan dan kedua bibir. Adapun hurufnya ada 23 selain huruf yang terkumpul dalam lafadz فر من لب   .
f.      الهمس  secara bahasa artinya samar. Sedangkan secara istilah adalah mengalirnya aliran nafas ketika mengucapkan huruf. Adapun hurufnya ada 10 yang terkumpul dalam lafadz فحثه شخص سكت  .
g.     الشدة secara bahasa artinya kuat. Sedangkan secara istilah adalah bertahannya suara ketika mengucapkan huruf. Adapun hurufnya ada 8yang berkumpul dalam lafadz اجد قط بكت .
h.     التوسط بينهما  secara bahasa artinya pertengahan.  Sedangkan secara istilah pertengahan suara antara sifat syiddah dan rokhowah. Adapun hurufnya yaitu berkumpul dalam lafadz لن عمر .
i.       الإستعلاء   secara bahasa artinya meninggikan. Sedangkan secara istilah adalah meninggikan lisan sampai kerahang atas ketika mengucapkan huruf. Adapun hurufnya ada 7 yang berkumpul dalam lafadz خص ضغط قظ .
j.       الإطباق  secara bahasa artinya mendekat. Sedangkan secara istilah adalah mendekatnya lisan kerahang atas ketika mengucapkan huruf sehingga suara yang keluar terbatas diantara keduanya. Adapun hurufnya yaitu صاد ، ضاد ، طاء ، ظاء  .
k.     الإذلاق  secara bahasa artinya mudah. Sedangkan secara istilah adalah huruf yang pengucapannya ringan karena hurufnya keluar dari tepi lisan atau kedua bibir. Adapun hurufnya yaitu berkumpul dalam lafadz فر من لب  .
l.       الصفير  secara bahasa artinya suara yang menyerupai suara kicauan burung. Sedangkan secara istilah adalah suara tambahan yang keluar dari dua bibir yang menyertai huruf ketika huruf itu keluar. Adapun hurufnya ada 3 yaitu صاد ، زاء ، سين  .
m.   اللين  secara bahasa artinya mudah. Sedangkan secara istilah adalah keluarnya huruf dari makhrojnya. Adapun hurufnya ada 3 yaitu الف ، واو ، ياء  .
  1. Hukum-hukum idghom yang mana hurufnya berdekatan :[3]
  1. Wajib, yaitu pada :
a.      Lam ta’rif (لام التعريف)  beserta dengan salah satu huruf syamsiah sperti lafadz إن الدين  .
b.      Lam sukun yang disitu bertemu dengan huruf ra’ seperti بل رفع الله .
c.      Nun sukun yang bertemu dengan huruf enam yang empat berupa bighunnah seperti من يطع الرسول dan yang dua berupa bilaa ghunnah seperti من ربكم  .
  1. Imtina’,  yaitu tercegahnya idghom karena akan menghilangkan sifat-sifat dari istitholahnya ضاد , lennya ياء ، واو , ghunnahnya ميم , tafasyinya شين، فاء , dan tikrarnya راء .
  2. Jawaz, yaitu boleh mengidghomkan dan juga boleh tidak mengidghomkan seperti سكت ثابت


[1] Syekh Musthofa Al-gholayani, 1993, Jamiúd durus, Hal. 97
[2] Syekh abi Khoir syamsuddin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad al-jazariy, 1390, Al-jazariyah, Surabaya, Hal. 12
[3] Syekh Ahmad Al-hamlawi, syadzal áraf fi fanni As-shorfi, Hal. 106

Tidak ada komentar:

Posting Komentar