Senin, 04 April 2016

TATA TERTIB LOMBA



lomba unhasy
Add caption

TATA TERTIB LOMBA
Peraturan Peserta
1.      Peserta adalah pelajar SMA/ MA/ SMK di seluruh wilayah Jawa Timur.
2.      Peserta lomba adalah perseorangan.
3.      Pakaian yang harus dipakai peserta adalah seragam sekolah.
4.      Peserta mendaftarkan diri ke panitia berdasarkan aturan yang telah ditetapkan.
5.      Apabila pihak sekolah ingin mengganti peserta yang namanya telah terdaftar, maka pihak sekolah harus menghubungi pihak panitia dengan batas waktu Technical Meeting.
6.      Apabila pada hari pelaksanaan lomba peserta tidak hadir maka peserta akan dianggap gugur dan biaya pendaftaran tidak dapat ditarik kembali.
7.      Jadwal Pelaksanaan Lomba adalah hari Kamis, 28 April 2016.
8.      Peserta wajib melakukan registrasi ulang selambat-lambatnya satu jam sebelum pelaksanaan dimulai.
9.      Peserta yang telah melakukan registrasi ulang dan mendapat nomor urut harus siap berada di tempat yang telah ditentukan. Apabila terlambat, peserta harus memberi tahu panitia, minimal satu jam sebelum pelaksanaan lomba.
10.  Peserta wajib mengenakan tanda dan nomor peserta.
11.  Peserta tidak diperkenankan untuk mengundurkan diri dari pertandingan.
12.  Pemenang terdiri dari juara I, juara II, dan juara III
13.  Ketentuan ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
14.  Hal-hal lain yang belum tercantum di atas akan ditentukan kemudian oleh panitia berdasarkan kepatutan.
·         Aturan di Lingkungan Lomba
1.      Peserta dan pengunjung harus mengenakan pakaian yang sopan dan mengunakan sepatu di lingkungan lomba.
2.      Peserta diharapkan hadir setidaknya 30 menit sebelum perlombaan dimulai.
3.      Peserta harus melakukan pendaftaran ulang di tempat yang telah ditentukan sebelum rangkaian perlombaan dimulai.
4.      Peserta dan pengunjung harus menjaga kebersihan lingkungan lomba dan dilarang membuang sampah sembarangan.
5.      Peserta dan pengunjung dilarang merokok di lingkungan perlombaan.
6.      Peserta dan pengunjung dilarang membawa minuman beralkohol, benda-benda tajam yang berbahaya dan tidak terkait dengan perlombaan.
7.      Peserta dan pengunjung dilarang membawa atau menggunakan obat-obatan terlarang.
8.      Peserta harus menggunakan tanda pengenal di lingkungan perlombaan
9.      Semua aturan mengikat, mutlak, dan bisa saja diubah, ditambah atau dihapuskan oleh panitia dalam situasi dan kondisiPeserta dan pengunjung diharapkan mematuhi semua peraturan untuk memberikan kenyaman bersama dan menghormati panitia serta Universitas Hasyim Asy’ari.
10.  Setiap perlombaan dikenai kontribusi sebesar Rp. 50.000,- per siswa, setiap sekolah maksimal mengirimkan 2 delegasi untuk masing-masing perlombaan, kecuali olimpiade (boleh mengirim maksimal 6 siswa).
11.  Pendaftaran peserta sejak diterima undangan ini sampai dengan 23 April 2016.
12.  Pembayaran pendaftaran peserta melalui sekolah masing-masing  dapat langsung ke kantor sekretariat (Kantor UPT. Lembaga Bahasa Unhasy Tebuireng Jombang) atau melalui rekening Bank Mandiri a.n. Chusnul Nuur Fadilah: 171-000161864-7
13.  Bagi peserta luar kota, paling lambat konfirmasi pengiriman delegasi peserta tanggal 23 April 2016, melalui email panitia: crist.johana@yahoo.com
14.  Tidak akan ada technical meeting, semua akan dipaparkan jelas di lokasi saat H-1, sekaligus pengambilan nomor peserta. Info lebih lanjut bisa menghubungi Contact Person berikut: 085730928458 dan 082220477820.
·         Aturan Penonton
  1. Penonton harus menjaga ketertiban di dalam ruangan lomba.
  2. Penonton tidak diperkenankan untuk membantu peserta lomba.
  3. Penonton tidak diperkenankan untuk keluar – masuk ruangan lomba.
  4. Penonton tidak diperkenankan untuk membawa barang – barang berbahaya seperti senjata tajam, senjata api, etc.
  5. Bagi pihak yang melanggar peraturan atau mengganggu kelancaran lomba akan diberikan peringatan keras, apabila masih diulangi akan dikeluarkan dari ruangan.
·         Hukuman
  1. Setiap pelangaran point 1-9 akan mengakibatkan peserta dan pengunjung dilarang masuk ke area perlomban ataupun di usir dari area perlombaan.
  2. Pelanggaran untuk point 2, 3, 7 akan membuat peserta di diskualifikasi.
  3. Peserta dan pengunjung yang melanggar point 6 akan ditegur dan disita barang-barangtersebut, dan bila masih mengulangi perbuatannya maka panitia berhak untuk mengusir Peserta dan pengunjung, serta mendiskualifikasi peserta.
  4. Pelanggaran terhadap point 7 akan ditindak lanjuti oleh pihak kepolisian.

SPELLING COMPETITION
·         Peraturan Lomba
1.      Spelling adalah lomba mengeja kata dalam bahasa Inggris dengan menggunakan ejaan bahasa Inggris yang baik dan benar.
2.      Spelling dalam kompetisis ini menggunakan American English. Peserta diwajibkan mengeja kata dengan menggunakan ejaan American English.
3.      Kamus yang digunakan untuk lomba Spelling dalam kompetisi ini adalah Oxford Learners’ Dictionary.
4.      Lomba Spelling terdiri dari 3 babak yaitu Semifinal Round and Final Round.
5.      Semifinal Round adalah babak yang diikuti oleh semua peserta kompetisi Spelling.
6.      Final Round adalah babak akhir kompetisi yang diikuti oleh 10 peserta yang lolos dari Semifinal Round.
7.      Setiap peserta diperbolehkan meminta bantuan kepada juri untuk setiap kata yang sulit untuk di eja. Bantuan tersebut berupa :
·         Pengulangan kata (Repetition),
·         Arti kata (Definition),
·         Penggunaan dalam kalimat (In Sentence).
·         Sistematika lomba
1.      Lomba Spelling menggunakan ejaan American
2.      Lomba Spelling terdiri dari 2 babak yaitu Semifinal Round dan Final Round.
3.      Peserta yang berhasil lolos ke final Round adalah 10 peserta yang berhasil menjawab jumlah kata paling banyak dari Semifinal Round.
4.      Sistem gugur akan di gunakan pada final Round.
5.      Jika ada kesamaan jumlah kata antara peserta di dalam suatu babak, maka peserta yang berhasil lolos ke babak selanjutnya adalah peserta yang paling cepat dalam menyelesaikan kata.
6.      Jika peserta salah mengeja atau tidak bisa mengeja, peserta akan dipersilahkan untuk
7.      Apabila ada peserta lain yang dapat mengeja kata yang salah di eja atau tidak bisa dieja oleh peserta sebelumnya, maka peserta yang salah mengeja atau tidak dapat mengeja kata tersebut di nyatakan gugur.
8.      Apabila seluruh peserta tidak bisa mengeja suatu kata, maka putaran final akan dilanjutkan sampai ada peserta yang dapat mengeja kata dengan benar.
·          Metode Pelaksanaan
1.      Alur pelaksanaan Semifinal Round adalah sebagai berikut:
a)      Peserta akan diberikan amplop yang berisi 5 kata untuk diejakan.
b)      Peserta diberi waktu 1,5 menit untuk mengeja 5 kata yang telah diberikan.
c)      Peserta tidak diperbolehkan mengeja ulang huruf.
d)     Peserta bisa meminta bantuan setiap kali mengeja kata, yaitu :
·      Pengulangan kata (Repetition),
·         Arti kata (Definition),
·         Penggunaan dalam kalimat (In sentence).
  1. Bantuan di atas dapat digunakan secara acak, namun bantuan diatas hanya dapat digunakan satu kali untuk setiap kata.
    1. Waktu akan terus dihitung ketika peserta meminta bantuan.
  2. Alur pelaksanaan Semifinal Round adalah sebagai berikut:
    1. Peserta akan diberikan amplop yang berisi 5 kata untuk diejakan.
    2. Peserta diberi waktu 1,5 menit untuk mengeja 5 kata yang telah diberikan.
    3. Peserta tidak diperbolehkan mengeja ulang huruf.
    4. Peserta bisa meminta bantuan setiap kali mengeja kata, yaitu :
  • Pengulangan kata (repetition),
  • Arti kata (definition),
  • Penggunaan dalam kalimat (in sentence).
  1. Bantuan di atas dapat digunakan secara acak, namun bantuan diatas hanya dapat digunakan satu kali untuk setiap kata.
    1. Waktu akan terus dihitung ketika peserta meminta bantuan.
  2. Alur pelaksanaan final Round adalah sebagai berikut :
    1. Peserta akan dipanggil satu-persatu untuk maju ke tempat yang telah disediakan untuk mengeja kata yang akan diberikan.
    2. Peserta diberi waktu 1 menit untuk mengeja kata yang diberikan, jika gagal mengeja dalam waktu 1 menit maka peserta akan dinyatakan gugur.
    3. Peserta yang salah mengeja pada final Round akan langsung dinyatakan gugur.
    4. Peserta bisa meminta bantuan setiap kali mengeja kata, yaitu berupa:
  • Pengulangan kata (Repetition),
  • Arti kata (Definition),
  • Penggunaan dalam kalimat (In sentence).
  1. Bantuan di atas dapat digunakan secara acak, namun bantuan diatas hanya dapat digunakan satu kali untuk setiap kata.
  2. Final Round akan terus berlangsung hingga mendapatkan juara satu (1), dua (2), dan tiga (3).
  • Kriteria Penilaian
    1. Semifinal Round
      1. Ketepatan ejaan kata.
      2. Banyaknya kata yang bisa diselesaikan.
      3. Kecepatan waktu.
2.      Final Round
1.      Ketepatan ejaan kata
2.      Kecepatan waktu

SPEECH CONTEST
Teknis Pelaksanaan
  1. Peserta wajib membawakan 1 buah naskah pidato orisinil (buatan sendiri) berbahasa Inggris sesuai dengan tema.
  2. Peserta wajib menyerahkan naskah pidato sebanyak (3) tiga rangkap kepada panitia pada saat check-in (selambat-lambatnya 1 jam sebelum pelaksanaan dimulai)  dengan ketentuan sebagai berikut:
  3. Perlombaan langsung untuk memilih pemenang, dengan perolehan score tertinggi.
  4. Topik boleh dikembangkan sesuai kreativitas peserta, dengan acuan “Peran Pemuda dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN
  5. Peserta yang mendapat giliran akan dipanggil sebanyak tiga kali. 
  6. Jika peserta tidak hadir setelah 3 kali panggilan, maka peserta tersebut otomatis akan disimpan di nomor urut terakhir dan akan kembali dipanggil sebanyak 3 kali. 
  7. Jika peserta tetap tidak hadir tanpa pemberitahuan yang jelas, maka peserta dinyatakan didiskualifikasi dan uang pendaftaran tidak dapat diambil kembali. 
  8. Peserta yang tampil hanya diperbolehkan membawa outline (bukan naskah pidato asli). 
  9. Durasi tampil adalah 5 menit. 
  10. Penilaian berdasarkan 6 kriteria yaitu knowledge, relevance, fluency, accuracy, confidence, communicativeness. 
  11.  Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  12.  Aba-aba lomba:
  • Tanda hijau menandakan dimulainya pembawaan pidato;
  • Tanda kuning menandakan waktu yang tersisa tinggal 1 menit;
  • Tanda merah menandakan waktu telah habis.


ENGLISH /ARABIC OLYMPIAD

Tata Tertib Lomba
1.      Olimpiade ini bersifat perseorangan, bukan beregu atau tim.
2.      Satu orang peserta hanya boleh mengikuti satu jenis olimpiade, yaitu English Olympiad atau Arabic Olympiad saja.
3.      Setiap sekolah boleh mengirimkan maksimal 6 peserta di English Olympiad dan 6 peserta di Arabic Olympiad.
4.      Peserta wajib menggunakan seragam sekolah selama olimpiade berlangsung.
5.      Peserta diwajibkan data 15 menit sebelum lomba dimulai. Peserta yang terlambat diperbolehkan mengikuti Olimpiade dengan tidak ada penambahan waktu.
6.      Peserta wajib membawa perlengkapan sendiri. Kertas buram akan disediakan oleh panitia.
7.      Peserta tidak diperbolehkan membawa kamus, kalkulator, translator dan alat bantu yang lain saat pengerjaan soal berlangsung.
8.      Peserta tidak diperkenankan membawa HP, gadget, dan alat elektronik lain lain saat pengerjaan soal berlangsung.
9.      Peserta tidak diperbolehkan berbuat kecurangan dalam bentuk apapun.
10.  Penentuan Juara berdasarkan nilai tertinggi dari masing-masing delegasi sekolah dengan ketentuan pendelegasian masing-masing sekolah minimal 5 peserta.
11.  Keputusan panitia tidak dapat di ganggu gugat.

TAQDIMUL QISHOH

Ketentuan Perlombaan
  1. Tiap instansi hanya mengirimkan 1 delegasi
  2. 1 delegasi terdiri dari 2 orang
  3. 1 orang sebagai pembaca latar, 1 orang sebagai peraga dan penyampai cerita
  4. Lomba terdiri atas satu babak.
  5. Waktu yang diperkenankan untuk membawakan cerita  7-10 menit
  6. Target peserta maksimal 40 peserta.
  7. Peserta menyerahkan softcopy teks taqdimul qishoh maksimal tanggal  25 april  2016 pada  pukul 23.59  WIB  melalui  email  pakcosma1@gmail.com  .
  8. Peserta wajib menyerahkan teks taqdimul qishoh sebanyak (3) tiga rangkap kepada panitia pada saat  pengambilan nomor peserta.
  9. Penentuan urutan tampil sesuai dengan pengundian yang dilakukan pada saat technical meeting.
  10. Pemenang lomba diumumkan pada saat penutupan acara.
Ketentuan Cerita
  1. Untuk bahasa yang digunakan adalah Bahasa Arab Fushah.
  2. Properti dan backsound yang akan ditampilkan menjadi tanggung jawab peserta. Panitia hanya menyediakan sound system.
  3. Peserta dapat melakukan improvisasi dari teks yang ada
  4. Teks Cerita dibuat sendiri oleh setiap peserta sesuai dengan tema yang ditentukan oleh panitia
  5. Teks Cerita Arab ditulis dengan format: font Traditional Arabic, size 14, margin left 3 cm, right 3 cm, top 3 cm, bottom 3 cm, kertas A4, spasi double
  6. Teks Cerita diberi identitas (nama dan asal instansi) dengan format header
  7. Teks Cerita yang tidak sesuai dengan ketentuan di atas tidak diterima.
  8. Teks cerita diberikan saat pengambilan nomor peserta.
Tema : 
  1. Upin dan Ipin (isi materi bebas)
  2. Doraemon (isi materi bebas)
  3. Masha and The Bear (isi materi bebas)
Penilaian
  • Penyampaian (penampilan, vocal dan ekspresi) : 35 %
  • Bahasa (gramatika, pemilihan kata dan penguasaan kosa kata) : 25 %
  • Materi (penguasaan materi dan pengayaan cerita) : 25 %
  • Ketepatan Waktu (kedatangan dan, ketepatan waktu tampil) : 15 %



KALIGRAFI
Tata Tertib
1.      Peserta wajib datang dan melakukan persiapan 15 menit sebelum acara dimulai, guna cek ulang peserta.
2.      Waktu untuk peserta dalam menyeledsaikan karya 4 jam
3.      Bagi peserta yang terlambat tidak ada penambahan waktu.
4.     ukuran kertas yang dipakai A3
5.      Peserta yang ingin meninggalkan ruangan harus meminta izin kepada panitia.
6.   Peserta tidak diperkenankan menggunakan alat komunikasi dalam bentuk apapun selama acara berlangsung.
7.      Peserta tidak diperkenankan meminjam apapun dari peserta lain.
8.      Setiap peserta bertanggungjawab atas perlengkapan lombanya masing-masing.
9.      Peserta tidak boleh mengganggu peserta lain.
10.  Peserta wajib menjaga ketertiban dalam perlombaan.
11.  Proses pembuatan kaligrafi dimulai setelah lomba dinyatakan dimulai dan selesai saat lomba dinyatakan selesai.
12.  Jenis kaligrafi yang di lombakan adalah kaligrafi kontemporer
13.  Adapun ayat yang di gunakan dalam lomba adalah
وَلَقَدْ يَسَّرْنَا القُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرِ ( Al Qomar: 17 )
14.  Kriteria penilaian :
a)      Kesempurnaan lafad.
b)      Kebenaran kaidah tulisan.
c)      Kerapian.
d)     Keindahan
15.  Dewan Juri menentukan juara I, II, dan III.
16.  Keputusan dewan juri merupakan keputusan mutlak yang tidak bisa diganggu gugat.
17.  Hasil karya peserta menjadi hak panitia.
18.  Peserta yang melanggar tata tertib akan didiskualifikasi.

KHITOBAH
Tema Pidato
Topik boleh dikembangkan sesuai kreativitas peserta, dengan acuan “Peran Pemuda dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN

Ketentuan pidato:
1.      Peserta wajib membawakan 1 buah naskah pidato orisinil (buatan sendiri) berbahasa Arab sesuai dengan tema.
2.      Peserta menyerahkan softcopy teks pidato maksimal tanggal  25 april  2016 pada  pukul 23.59  WIB  melalui  email  pakcosma1@gmail.com  .
       Peserta wajib menyerahkan naskah pidato sebanyak (3) tiga rangkap kepada panitia pada saat check-in (selambat-lambatnya 1 jam sebelum pelaksanaan dimulai).
3.      Perlombaan langsung untuk memilih pemenang, dengan perolehan score tertinggi.
4.      Topik boleh dikembangkan sesuai kreativitas peserta, dengan acuan “Peran Pemuda dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN
5.      Peserta yang mendapat giliran akan dipanggil sebanyak tiga kali. 
6.      Jika peserta tidak hadir setelah 3 kali panggilan, maka peserta tersebut otomatis akan disimpan di nomor urut terakhir dan akan kembali dipanggil sebanyak 3 kali. 
7.      Jika peserta tetap tidak hadir tanpa pemberitahuan yang jelas, maka peserta dinyatakan didiskualifikasi dan uang pendaftaran tidak dapat diambil kembali. 
8.      Peserta yang tampil hanya diperbolehkan membawa outline (bukan naskah pidato asli). 
9.      Durasi tampil adalah 5-7 menit. 
13.   Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
14.   Aba-aba lomba:
  • Tanda hijau menandakan dimulainya pembawaan pidato;
  • Tanda kuning menandakan waktu yang tersisa tinggal 1 menit;
  • Tanda merah menandakan waktu telah habis.


1 komentar:

  1. Casinos & Games to play for real money at MCD
    Online slots 광주 출장안마 are one of the most popular gambling games around. The slot 충주 출장샵 machine is played 용인 출장샵 by five people and has 경기도 출장안마 an estimated Do you know of casinos 정읍 출장안마 where you can play slots for real money at mcd?Which ones offer real money gambling?

    BalasHapus